Rabu, 12 November 2014

Perpustakaan Sebagai Sumber dan Media Pembelajaran



MAKALAH
Perpustakaan Sebagai Sumber dan Media Pembelajaran
Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Media Pembelajaran yang di Bina Oleh
Bapak. Rif’an Humaidi M.pd.I



Oleh:
ALVINA TURIA                   ( 084121413 )
CHUSNUL CHOTIMAH      ( 084121389 )
AHMAD MUQOROBIN      ( 084121417 )
Kelas P
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI  JEMBER
JURUSAN TARBIYAH/PAI
 Oktober 2014



 



KATA PENGANTAR
Puji sukur kehadirat Allah SWT, Karena berkat kemurahanNya makalah ini dapat saya selesaikan, bermula dari untuk memenuhi tugas kelompok mata kuliah Media Pembelajaran dan untuk menambah wawasan pengetahuan yang bermanfaat, saya memberanikan diri untuk menambahkan seperlunya hingga menjadi sebuah makalah yang sedang anda baca saat ini. Semoga makalah tentang Perpustakaan Sebagai Sumber dan Media Pembelajaranini dapat menyumbangkan sedikit pemikiran dan wacana mengenai media pembelajaran.
Terimakasih saya ucapkan kepada semua pihak yang telah membantu hingga makalah ini dapat terselesaikan. Pada kesempatan ini pula, saya mengaturkan terimakasih banyak kepada Bapak. Rif’an Humaidi selaku dosen mata kuliah Media pembelajaran Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Jember. Melalui bimbingan dan pembelajaran Media Pembelajaran saya mendapatkan banyak pengetahuan dan pemahaman yang sangat bermanfaat.
Penulis menyadari bahwa dalam makalah ini masih banyak kekurangan, oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran demi kesempurnaan makalah ini, dan semoga makalah ini bermanfaat untuk siapa saja.


Jember, Nopember 2014

Penulis





DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL............................................................................................................ i
KATA PENGANTAR.......................................................................................................... ii
DAFTAR ISI......................................................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN
A.    LatarBelakang...................................................................................................... 1
B.     RumusanMasalah................................................................................................. 1
C.     Tujuan.................................................................................................................. 2
BAB II PEMBAHASAN
A.    Pengertian perpustakaan…………….................................................................. 3
B.     Peran dan fungsi perpustakaan............................................................................ 4
C.     Perpustakaan sebagai media pembelajaran.......................................................... 8
BAB III PENUTUP
Kesimpulan.......................................................................................................... 11
DAFTAR PUSTAKA........................................................................................................... 12





BAB 1
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Dalam dewasa ini kita tidak asing lagi apabila orang menyebutnya dengan kata perpustakaan. Yakni, perpustakaan adalah salah satu tempat yang menjadi central of information (pusat informasi). Perpustakaan merupakan jantung ilmu pengetahuan dan gudang ilmu pengetahuan. Yang mana perpustakaan merupakan tempat yang paling strategis untuk menjadi pusat pengembangan pemikiran, penelitian, publikasi dan semacamnya.
Sumber belajar yang dibuat oleh guru biasanya akan lebih mudah dan jau lebih relevan dengan berbagai kebutuhan khusus suatu pelajaran. Akan tetapi dapat juga menjadi sangat membutuhkan waktu untuk merencanakan, menghasilkan dan mengevaluasi.
             Media pembelajaran merupakan alat yang dapat membantu peserta didik  dan pendidik untuk memberikan pemahaman kepada peserta didik tentang materi atau bahan ajar.
Guna turut mensosialisasikan mengenai peran dan fungsi perpustakaan, makalah ini kami susun. Selain itu, penulis berharap agar pengetahuan para pelajar menjadi semakin terbuka akan perpustakaan dan perkembangannya pada khususnya dan kepada seluruh pembaca pada umumnya.
B.     Rumusan Masalah
a.       Apakah yang dimaksud dengan perpustakaan?
b.      Apa peran dan fungsi perpustakaan sebagai sumber dan media pembelajaran?
c.       Apakah yang dimaksud dengan perpustakaan sebagai sumber dan media pembelajaran?

C.     Tujuan
a.       Untuk mengetahui dan memahami apa yang dimaksud dengan perpustakaan.
b.      Untuk mengetahui peran dan fungsi perpustakaan sebagai sumber dan media pembelajaran.
c.       Untuk mengetahui yang dimaksud dengan perpustakaan sebagai sumber dan media pembelajaran.












BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian Perpustakaan
Dilihat dari kata dasarnya, perpustakaan adalah pustaka. Dalam kamus umum bahasa Indonesia, pustaka artinya 1) kitab, buku, 2) kitab primbon. Kemudian kata “pustaka” mendapat awalan per dan ahiran an, menjadi perpustakaan. Perpustakaan mengandung arti 1) kumpulan buku – buku bacaan, 2) bibliotek 3) buku-buku kesusteraan (kamus besar indonesia). Selanjutnya ada istilah “pustakaloka” yang berarti tempat atau ruangan perpustakaan.
 Dalam bahasa inggris, perpustakaan disebut library. Istilah ini berasal dari kata latin, liber atau libri artinya buku. Dari kata latin tersebut,  terbentuklah istilah libraries yang artinya tentang buku.
Dalam bahasa arab, perpustakaan disebut khutubkhah atau almaktabah yang diartikan sebagai dar alkutub yang semuanya berasal dari kata yang sama yakni kataba, yaktubu, katban, kitaban, kitabatan, yang artinya tentang tulisan dan atau tentang kitab, buku.
Dengan demikian, tidaklah aneh bila dalam semua bahasa, istilah – istilah untuk perpustakaan selalu dikaitkan dengan buku atau kitab. Pada abad permulaan islam, semua islam, semua muslim dengan tidak membedakan siapa dia dan darimana dia, telah menunjukkan penghormatan yang besar kepada cendekiawan dan terhadap karya – karya ilmu pengetahuan atau masterpiece mereka. Kesetiaan kepada buku – buku terkenal, nyaris sama dengan kesetiaannya terhadap relegiusnya.[1]
Perpustakaan merupakan salah satu tempat yang menjadi pusat informasi, bahkan sering disebut jantung ilmu pengetahuan dan gudang ilmu. Perpustakaan, ibarat lembaga pendidikan, selalu mengalami inovasi dimana-mana. Hal itu, tentu untuk memberi layanan yang aman dan maksimal bagi para pengunjung.
Perpustakaan adalah kumpulan bahan informasi yang terdiri dari bahan buku/book materials dan bahan nonbuku/nonbook materials yang disusun dengan sistem tertentu dipersiapkan untuk diambil  manfaatnya/pengertiannya, tidak untuk dimiliki sebagian maupun keseluruhan.[2]
Dengan demikian perpustakaan lebih cocok didefinisikan “sebuah ruangan yang berisi koleksi bahan bacaan dan sumber informasi baik berupa buku maupun softwere yang dapat digunakan sewaktu – waktu.”

B.     Peran dan Fungsi Perpustakaan sebagai Sumber dan Media Pembelajaran
a.       Peran perpustakaan sebagai sumber dan media pembelajaran
Sebagaimana definisinya, peranan perpustakaan paling utama adalah memberi informasi dari berbagai ilmu dan disiplin ilmu. Setiap pengguna perpustakaan dapat mengakses informasi sesuai disiplin ilmu yang digeluti dalam perpustakaan tersebut. Secara umum peran perpustakaan adalah sebagai berikut:
a)      Meningkatkan kecerdasan bangsa
Membaca adalah jendela ilmu pengetahuan. Dengan semakin banyak membaca, semakin bertambah pula wawasan dan cakrawala seseorang. Dengan demikian juga dapat meningkatkan kecerdasan seseorang yang rajin membaca dengan baik.
b)      Memajukan perkembangan ilmu dan teknologi
Perpustakaan memberikan dorongan untuk membangun manusia yang mengikuti perkembangan pendidikan dan teknologi.
c)      Melestarikan budaya bangsa
Budaya yang ada di Negara kita, harus ditingkatkan adalah budaya membaca (salah stunya). Dan budaya- budaya lain demi kelestarian bangsa.
d)     Kancah studi : memiliki pengetahuan
e)      Kencah penelitian
Perpustakaan bisa menjadi sarana penelitian, bahkan menjadi sumber utama dalam proses penelitian literer.
f)       Ajang konsultasi disiplin ilmu
Perpustakaan bisa digunakan untuk mencocokkan data dari disiplin ilmu. Sebab perpustakaan berisi literasi yang menghimpun  berbagai disiplin ilmu secara lengkap.

Perpustakaan sebagai pusat sumber ilmu pengetahuan dan pusat kegiatan belajar serta sumber ide-ide baru yang dapat mendorong kemauan para siswa untuk dapat berpikir secara rasional, siswa dapat mencari informasi-informasi yang diperlukan dan dapat terjalin sinergi antara pustakawan dan siswa yang akan berbuah prestasi bagi siswa juga kinerja yang baik bagi pustakawan sehingga perpustakaan sangat berperan dalam peningkatan prestasi belajar siswa sebab dapat mencerdaskan penggunanya,khususnya dalam mencetak siswa yang berprestasi.
Perpustakaan juga melayani masyarakat termasuk mahasiswa, dengan layanan yang memadai atau memuaskan. Jenis layanan perpustakaan menurut Beenham dan Morrison adalah sebagai berikut :
a)      Menyediakan fasilitas untuk pengembangan individu dan kelompok dari berbagai tingkat pendidik.
b)      Memberikan pelayanan dan fasa untuk memperoleh informasi.
c)      Sebagai pusat pengembangan kebudayaan.
d)     Sebagai pusat pengembangan hobi dan rekreasi.

b.      Fungsi perpustakaan sebagai sumber dan media pembelajaran
… banyak ruangan – ruangan untuk kegunaan yang berbeda : galeri dengan rak – rak tempat menyimpan buku – buku, ruangan tempat pengunjung dapat membaca dan belajar, ruang yang diatur berpisahan itu untuk pembuatan salinan dari manuskrip – manuskrip, ruangan – ruangan yang disediakan untuk pertemuan – pertemuan sastra dan bahkan dalam beberapa hal ruang – ruang dipergunakan untuk pertunjukan music. Semua ruangan dibuat sedemikian mewah dan menyenangkan…
Kutipan diatas menggambarkan bahwa perpustakaan pada masa keemasan islam telah benar – benar berfungsi sebagai pusat sumber belajar, karena banyak aktivitas belajar didalamnya, seperti membaca, menulis, menyalin, pertemuan sastra, pertunjukan music. [3]
Fungsi perpustakaan adalah suatu tugas atau jabatan yang harus dilakukan di dalam perpustakaan tersebut. Pada prinsipnya sebuah perpustakaan mempunyai tiga kegiatan utama, yaitu :
1.      Menghimpun
2.      Memelihara
3.      Memberdayakan semua koleksi bahan pustaka
Perpustakaan mempunyai beberapa fungsi, yang diantaranya adalah:[4]
a)      Penyimpanan
Perpustakaan bertugas menyimpan bahan – bahan pustaka/bacaan yang diterimanya.
b)      Fungsi pendidikan
Perpustakaan memberikan kesempatan kepada siswa untuk menambah pengetahuan atau mempelajari kembali materi-materi pelajaran yang telah diberikan oleh guru di kelas.
c)      Fungsi penelitian
Perpustakaan berfungsi sebagai jawaban terhadap berbagai pertanyaan ilmiah. Perpustakaan juga sebagai pusat bahan pustaka/bacaan untuk keperluan pendidikan yang dilakukan oleh pemakai perpustakaan
d)     Fungsi informasi
Perpustakaan berfungsi sebagai tempat mencari informasi yang berkenaan dengan pemenuhan rasa ingin tahu dari pengunjung perpustakaan.
e)      Fungsi cultural
Fungsi kultural, bertugas menyimpan khazanah budaya bangsa serta meningkatkan nilai dan apresiasi budaya dari masyarakat melalui penyediaan bahan bacaan. Perpustakaan adalah sarana pelestarian budaya. Dengan  memberikan dan menjaga buku – buku yang mengenai sejarah budaya bangsa atau perkembangan budaya sekarang. Mendidik dan mengembangkan apresiasi budaya masyarakat dapat tersalurkan melalui berbagai aktifitas, seperti pameran, pertunjukan, bedah buku, mendongeng, seminar dan lain sebagainya.
f)       Fungsi rekreasi
Perpustakaan memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk menikmati  bahan yang ada.

Fungsi Pendidikan Perpustakaan merupakan sarana pendidikan nonformal dan informal. Artinya perpustakaan merupakan tempat belajar diluar bangku sekolah maupun dalam lingkungan pendidikan.
C.    Perpustakaan Sebagai Sumber dan Media Pembelajaran
Dalam dua decade terahir ini perpustakaan telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari sekolah. Hampir disetiap sekolah mulai dari sekolah dasar sampai ke perguruan tinggi terdapat perpustakaan sekolah. Bahkan unit – unit perpustakaan keliling dari departemen pendidikan dan kebudayaan tersedia di kota – kota besar guna melayani kebutuhan  para pelajar.
Perpustakaan merupakan pusat sarana akademis. Perpustakaan menyediakan bahan – bahan pustaka berupa barang cetakan seperti buku, majalah, jurnal, peta surat kabar, karya – karya tulis berupa monograf  yang belum diterbitkan, serta bahan – bahan non cetakan seperti micro fish, micro film, foto – foto, film, kaset, audio/video, lagu – lagu dalam piringan hitam, rekaman pidato (dokumenter) dan lain lain. Oleh karena itu Perpustakaan dapat digunakan dan dimanfaatkan oleh pelajar, mhasiswa, dan masyarakat pada umumnya untuk memperoleh informasi dalam berbagai bidang keilmuan baik untuk tujuan akademis maupun untuk rekreasi.[5]
Perpustakaan merupakan salah satu penunjang dalam meningkatkan sumber belajar yang sekaligus sebagai wadah dari berbagai disipilin ilmu pengetahuan yang juga menunjang atau sebagai sarana dalam mencerdaskan kehidupan bangsa khususnya dibidang pendidikan. Perpustakaan adalah suatu unit kerja dari suatu badan atau lembaga tertentu yang mengelola bahan-bahan pustaka, baik berupa buku-buku maupun bukan berupa buku yang diatur secara sistematis menurut aturan tertentu sehingga dapat digunakan sebagai sumber informasi oleh setiap pemakainya. Penyelenggaraan perpustakaan sebagai sumber belajar merupakan suatu keharusan dan amat penting dalam pendidikan (UU No. 2/1989, pasal 35). Suatu lembaga pendidikan tidak mungkin dapat terselenggara dengan baik jika para guru dan para siswa tidak didukung oleh sumber belajar yang diperlukan untuk penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar.
Smith dkk dalam buku ensiklopedianya yang berjudul “EDUCATOR’S ENCYCLOPEDIA” menyatakan “School Library is a Center for Learning”, yang artinya perpustakaan itu merupakan sumber belajar. Memang ditinjau secara umum, perpustakaan itu sebagai pusat belajar sebab kegiatan yang paling tampak pada setiap kunjungan siswa adalah belajar, baik belajar masalah-masalah yang berhubungan langsung dengan mata pelajaran yang diberikan di kelas, maupun buku-buku lain yang tidak ada hubungannya dengan mata pelajaran. Akan tetapi apabila ditinjau dari sudut tujuan siswa mengunjungi perpustakaan, maka ada yang tujuannya untuk belajar, ada yang tujuannya untuk berlatih menelusuri buku-buku perpustakaan, ada yang tujuannya untuk memperoleh informasi, bahkan mungkin ada juga murid yang mengunjungi perpustakaan dengan tujuan hanya sekedar untuk mengisi waktu senggangnya atau sifatnya rekreatif.
Sejak ditemukannya mesin cetak untuk mencetak buku dan sumber belajar tercetak lainnya, hingga sekarang media cetak masih menduduki posisi kunci dalam menunjang proses belajar mengajar. Buku, diktat, jurnal, surat kabar, modul dan cetakan-cetakan yang lain masih banyak diandalkan untuk menunjang proses belajar manusia. Perpustakaan, sebagai lembaga yang mengelola sumber informasi semestinya menduduki posisi kunci dalam proses pendidikan dan pelatihan yang ada, baik di lingkungan persekolahan, luar sekolah, dunia kerja, maupun masyarakat pada umumnya. Namun, kenyataannya masih jauh dari harapan. Perpustakaan masih belum benar-benar memasyarakat. Hal ini bisa terjadi, misalnya karena rendahnya minat baca dan kurangnya kesadaran bahwa belajar harus mencari sendiri informasi. Seiring dengan perkembangan ilmu dan teknologi, berkembang pula konsep perpustakaan. Perpustakaan perlu menyesuaikan diri bukan hanya menangani koleksi sumber informasi dalam bentuk media cetak tetapi harus membuka pintu untuk masuknya media audio visual dan kemungkinan masuknya fungsi-fungsi yang lain .[6]
Perpustakaan merupakan salah satu penunjang dalam meningkatkan sumber belajar yang sekaligus sebagai wadah dari berbagai disipilin ilmu pengetahuan yang juga menunjang atau sebagai sarana dalam mencerdaskan kehidupan bangsa khususnya dibidang pendidikan














BAB III
PENUTUP
Ø  Kesimpulan
Dilihat dari kata dasarnya, perpustakaan mengandung arti pustaka. Dalam kamus umum bahasa Indonesia, pustaka artinya 1)  kitab, buku, 2) kitab primbon. Kemudian kata “pustaka” mendapat awalan per dan ahiran an, menjadi perpustakaan. Dalam bahasa inggris, perpustakaan disebut library. Istilah ini berasal dari kata latin, liber atau libri artinya buku. Dari kata latin tersebut,  terbentuklah istilah libraries yang artinya tentang buku. Perpustakaan sendiri lebih cocok didefinisikan sebuah ruangan yang berisi koleksi bahan bacaan dan sumber informasi baik berupa buku maupun softwere yang dapat digunakan sewaktu – waktu.
Secara umum peran perpustakaan adalah sebagai berikut : Meningkatkan kecerdasan bangsa, Memajukan perkembangan ilmu dan teknologi, Melestarikan budaya bangsa, Kancah studi (memiliki pengetahuan), Kencah penelitian, Ajang konsultasi disiplin ilmu. Sedangkan beberapa fungsinya yaitu : berfungsi sebagai penyimpanan, Fungsi pendidikan, Fungsi penelitian, Fungsi informasi, Fungsi cultural, Fungsi rekreasi.
Perpustakaan sebagai sumber belajar merupakan pusat sarana akademis. Perpustakaan menyediakan bahan – bahan pustaka berupa barang cetakan seperti buku, majalah, jurnal, peta surat kabar, karya – karya tulis berupa monograf  yang belum diterbitkan, serta bahan – bahan non cetakan seperti micro fish, micro film, foto – foto, film, kaset, audio/video, lagu – lagu dalam piringan hitam, rekaman pidato (dokumenter) dan lain lain.

DAFTAR PUSTAKA
Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Basuki, Sulistyo.1991. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta : Gramerdia Pustaka Utama.
Munadi,Yudhi. 2013. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta : Referensi (Gp Press Group).
Musfiqon. 2012. Pengembangan Media Dan Sumber Pembelajaran. Jakarta : PT Prestasi pustakarya.



[1] Yudhi Munadi, Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru, (Jakarta : Referensi (Gp Press Group), 2013),210
[2] Sulistyo Basuki, Pengantar Ilmu Perpustakaan, (Jakarta: Gramerdia Pustaka Utama,1991).
[3] Yudhi Munadi, Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru, (Jakarta : Referensi (Gp Press Group), 2013), 211.
[4] Dr. HM. Musfiqon, M.Pd, Pengembangan Media Dan Sumber Pembelajaran, (Jakarta :PT Prestasi pustakarya, 2012), 137.
[5] Prof. Dr. Azhar Arsyad, M.A. , Media Pembelajaran, (Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2013),98.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar