MAKALAH
“ Perpustakaan Sebagai Sumber dan Media
Pembelajaran ”
Untuk Memenuhi Tugas
Mata Kuliah Media
Pembelajaran yang di Bina Oleh
Bapak. Rif’an
Humaidi M.pd.I
Oleh:
ALVINA TURIA ( 084121413 )
CHUSNUL CHOTIMAH ( 084121389 )
AHMAD MUQOROBIN (
084121417 )
Kelas P
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER
JURUSAN TARBIYAH/PAI
Oktober 2014
KATA PENGANTAR
Puji sukur kehadirat Allah SWT, Karena berkat
kemurahanNya makalah ini dapat saya selesaikan, bermula dari untuk memenuhi
tugas kelompok mata kuliah Media Pembelajaran dan untuk menambah wawasan
pengetahuan yang bermanfaat, saya memberanikan diri untuk menambahkan seperlunya
hingga menjadi sebuah makalah yang sedang anda baca saat ini. Semoga makalah
tentang “ Perpustakaan Sebagai Sumber
dan Media Pembelajaran” ini dapat menyumbangkan sedikit pemikiran dan wacana
mengenai media pembelajaran.
Terimakasih saya ucapkan kepada semua pihak yang telah
membantu hingga makalah ini dapat terselesaikan. Pada kesempatan ini pula, saya
mengaturkan terimakasih banyak kepada Bapak. Rif’an Humaidi selaku dosen mata kuliah Media pembelajaran Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Jember.
Melalui bimbingan dan pembelajaran Media Pembelajaran saya mendapatkan banyak pengetahuan dan pemahaman yang
sangat bermanfaat.
Penulis menyadari bahwa dalam makalah ini masih banyak
kekurangan, oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran demi
kesempurnaan makalah ini, dan semoga makalah ini bermanfaat untuk siapa saja.
Jember, Nopember 2014
Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN
JUDUL............................................................................................................ i
KATA
PENGANTAR.......................................................................................................... ii
DAFTAR
ISI......................................................................................................................... iii
BAB I
PENDAHULUAN
A.
LatarBelakang...................................................................................................... 1
B.
RumusanMasalah................................................................................................. 1
C.
Tujuan.................................................................................................................. 2
BAB II PEMBAHASAN
A.
Pengertian
perpustakaan…………….................................................................. 3
B.
Peran
dan fungsi perpustakaan............................................................................ 4
C.
Perpustakaan
sebagai media pembelajaran.......................................................... 8
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan.......................................................................................................... 11
DAFTAR
PUSTAKA........................................................................................................... 12
BAB 1
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Dalam dewasa ini kita tidak asing
lagi apabila orang menyebutnya dengan kata perpustakaan. Yakni, perpustakaan
adalah salah satu tempat yang menjadi central of information (pusat informasi).
Perpustakaan merupakan jantung ilmu pengetahuan dan gudang ilmu pengetahuan.
Yang mana perpustakaan merupakan tempat yang paling strategis untuk menjadi
pusat pengembangan pemikiran, penelitian, publikasi dan semacamnya.
Sumber belajar yang dibuat oleh guru
biasanya akan lebih mudah dan jau lebih relevan dengan berbagai kebutuhan
khusus suatu pelajaran. Akan tetapi dapat juga menjadi sangat membutuhkan waktu
untuk merencanakan, menghasilkan dan mengevaluasi.
Media
pembelajaran merupakan alat yang dapat membantu peserta didik dan pendidik untuk memberikan pemahaman kepada
peserta didik tentang materi atau bahan ajar.
Guna turut mensosialisasikan
mengenai peran dan fungsi perpustakaan, makalah ini kami susun. Selain itu, penulis
berharap agar pengetahuan para pelajar menjadi semakin terbuka akan
perpustakaan dan perkembangannya pada khususnya dan kepada seluruh pembaca pada
umumnya.
B.
Rumusan
Masalah
a.
Apakah
yang dimaksud dengan perpustakaan?
b.
Apa
peran dan fungsi perpustakaan sebagai sumber dan media pembelajaran?
c.
Apakah
yang dimaksud dengan perpustakaan sebagai sumber dan media pembelajaran?
C.
Tujuan
a.
Untuk
mengetahui dan memahami apa yang dimaksud dengan perpustakaan.
b.
Untuk
mengetahui peran dan fungsi perpustakaan sebagai sumber dan media pembelajaran.
c.
Untuk
mengetahui yang dimaksud dengan perpustakaan sebagai sumber dan media
pembelajaran.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian Perpustakaan
Dilihat dari kata dasarnya,
perpustakaan adalah pustaka. Dalam kamus umum bahasa Indonesia, pustaka artinya
1) kitab, buku, 2) kitab primbon. Kemudian kata “pustaka” mendapat awalan per
dan ahiran an, menjadi perpustakaan. Perpustakaan mengandung arti 1) kumpulan
buku – buku bacaan, 2) bibliotek 3) buku-buku kesusteraan (kamus besar indonesia).
Selanjutnya ada istilah “pustakaloka” yang berarti tempat atau ruangan
perpustakaan.
Dalam bahasa inggris, perpustakaan disebut
library. Istilah ini berasal dari kata latin, liber atau libri artinya
buku. Dari kata latin tersebut,
terbentuklah istilah libraries yang artinya tentang buku.
Dalam bahasa arab, perpustakaan
disebut khutubkhah atau almaktabah yang diartikan sebagai dar alkutub yang
semuanya berasal dari kata yang sama yakni kataba, yaktubu, katban, kitaban,
kitabatan, yang artinya tentang tulisan dan atau tentang kitab, buku.
Dengan demikian, tidaklah aneh bila
dalam semua bahasa, istilah – istilah untuk perpustakaan selalu dikaitkan
dengan buku atau kitab. Pada abad permulaan islam, semua islam, semua muslim
dengan tidak membedakan siapa dia dan darimana dia, telah menunjukkan
penghormatan yang besar kepada cendekiawan dan terhadap karya – karya ilmu
pengetahuan atau masterpiece mereka. Kesetiaan kepada buku – buku terkenal,
nyaris sama dengan kesetiaannya terhadap relegiusnya.[1]
Perpustakaan merupakan salah satu
tempat yang menjadi pusat informasi, bahkan sering disebut jantung ilmu
pengetahuan dan gudang ilmu. Perpustakaan, ibarat lembaga pendidikan, selalu
mengalami inovasi dimana-mana. Hal itu, tentu untuk memberi layanan yang aman
dan maksimal bagi para pengunjung.
Perpustakaan adalah kumpulan bahan informasi yang terdiri dari bahan
buku/book materials dan bahan nonbuku/nonbook materials yang
disusun dengan sistem tertentu dipersiapkan untuk diambil
manfaatnya/pengertiannya, tidak untuk dimiliki sebagian maupun keseluruhan.[2]
Dengan demikian perpustakaan lebih
cocok didefinisikan “sebuah ruangan yang berisi koleksi bahan bacaan dan sumber
informasi baik berupa buku maupun softwere yang dapat digunakan sewaktu – waktu.”
B.
Peran dan Fungsi Perpustakaan sebagai Sumber dan Media Pembelajaran
a.
Peran
perpustakaan sebagai sumber dan media pembelajaran
Sebagaimana definisinya, peranan perpustakaan paling utama adalah
memberi informasi dari berbagai ilmu dan disiplin ilmu. Setiap pengguna
perpustakaan dapat mengakses informasi sesuai disiplin ilmu yang digeluti dalam
perpustakaan tersebut. Secara umum peran perpustakaan adalah sebagai berikut:
a)
Meningkatkan
kecerdasan bangsa
Membaca adalah jendela ilmu pengetahuan. Dengan semakin banyak
membaca, semakin bertambah pula wawasan dan cakrawala seseorang. Dengan
demikian juga dapat meningkatkan kecerdasan seseorang yang rajin membaca dengan
baik.
b)
Memajukan
perkembangan ilmu dan teknologi
Perpustakaan memberikan dorongan untuk membangun manusia yang
mengikuti perkembangan pendidikan dan teknologi.
c)
Melestarikan
budaya bangsa
Budaya yang ada di Negara kita, harus ditingkatkan adalah budaya
membaca (salah stunya). Dan budaya- budaya lain demi kelestarian bangsa.
d)
Kancah
studi : memiliki pengetahuan
e)
Kencah
penelitian
Perpustakaan bisa menjadi sarana penelitian, bahkan menjadi sumber
utama dalam proses penelitian literer.
f)
Ajang
konsultasi disiplin ilmu
Perpustakaan bisa digunakan untuk mencocokkan data dari disiplin
ilmu. Sebab perpustakaan berisi literasi yang menghimpun berbagai disiplin ilmu secara lengkap.
Perpustakaan sebagai pusat
sumber ilmu pengetahuan dan pusat kegiatan belajar
serta sumber ide-ide baru yang dapat mendorong kemauan para siswa untuk dapat
berpikir secara rasional, siswa dapat mencari informasi-informasi yang
diperlukan dan dapat terjalin sinergi antara pustakawan dan siswa yang akan
berbuah prestasi bagi siswa juga kinerja yang baik bagi pustakawan sehingga perpustakaan
sangat berperan dalam peningkatan prestasi belajar siswa sebab dapat
mencerdaskan penggunanya,khususnya dalam mencetak siswa yang berprestasi.
Perpustakaan juga melayani
masyarakat termasuk mahasiswa, dengan layanan yang memadai atau memuaskan. Jenis
layanan perpustakaan menurut Beenham dan Morrison adalah sebagai berikut :
a)
Menyediakan
fasilitas untuk pengembangan individu dan kelompok dari berbagai tingkat
pendidik.
b)
Memberikan
pelayanan dan fasa untuk memperoleh informasi.
c)
Sebagai
pusat pengembangan kebudayaan.
d)
Sebagai
pusat pengembangan hobi dan rekreasi.
b.
Fungsi
perpustakaan sebagai sumber dan media pembelajaran
…
banyak ruangan – ruangan untuk kegunaan yang berbeda : galeri dengan rak – rak
tempat menyimpan buku – buku, ruangan tempat pengunjung dapat membaca dan
belajar, ruang yang diatur berpisahan itu untuk pembuatan salinan dari
manuskrip – manuskrip, ruangan – ruangan yang disediakan untuk pertemuan –
pertemuan sastra dan bahkan dalam beberapa hal ruang – ruang dipergunakan untuk
pertunjukan music. Semua ruangan dibuat sedemikian mewah dan menyenangkan…
Kutipan diatas menggambarkan bahwa perpustakaan pada masa keemasan
islam telah benar – benar berfungsi sebagai pusat sumber belajar, karena banyak
aktivitas belajar didalamnya, seperti membaca, menulis, menyalin, pertemuan
sastra, pertunjukan music. [3]
Fungsi perpustakaan adalah suatu tugas atau jabatan yang harus
dilakukan di dalam perpustakaan tersebut. Pada prinsipnya sebuah perpustakaan
mempunyai tiga kegiatan utama, yaitu :
1.
Menghimpun
2.
Memelihara
3.
Memberdayakan
semua koleksi bahan pustaka
Perpustakaan mempunyai beberapa fungsi, yang
diantaranya adalah:[4]
a)
Penyimpanan
Perpustakaan bertugas menyimpan bahan – bahan
pustaka/bacaan yang diterimanya.
b)
Fungsi pendidikan
Perpustakaan memberikan
kesempatan kepada siswa untuk menambah pengetahuan atau mempelajari kembali
materi-materi pelajaran yang telah diberikan oleh guru di kelas.
c)
Fungsi penelitian
Perpustakaan berfungsi sebagai jawaban terhadap
berbagai pertanyaan ilmiah. Perpustakaan juga sebagai pusat bahan
pustaka/bacaan untuk keperluan pendidikan yang dilakukan oleh pemakai
perpustakaan
d)
Fungsi informasi
Perpustakaan berfungsi
sebagai tempat mencari informasi yang berkenaan dengan pemenuhan rasa
ingin tahu dari pengunjung perpustakaan.
e)
Fungsi cultural
Fungsi
kultural, bertugas menyimpan khazanah budaya bangsa serta meningkatkan nilai
dan apresiasi budaya dari masyarakat melalui penyediaan bahan bacaan.
Perpustakaan adalah sarana pelestarian budaya. Dengan memberikan dan menjaga buku – buku yang
mengenai sejarah budaya bangsa atau perkembangan budaya sekarang. Mendidik dan
mengembangkan apresiasi budaya masyarakat dapat tersalurkan melalui berbagai
aktifitas, seperti pameran, pertunjukan, bedah buku, mendongeng, seminar dan
lain sebagainya.
f)
Fungsi rekreasi
Perpustakaan memberikan
kesempatan kepada pengunjung untuk menikmati bahan yang ada.
Fungsi Pendidikan Perpustakaan merupakan sarana
pendidikan nonformal dan informal. Artinya perpustakaan merupakan tempat
belajar diluar bangku sekolah maupun dalam lingkungan pendidikan.
C. Perpustakaan Sebagai Sumber dan
Media Pembelajaran
Dalam dua decade terahir ini perpustakaan
telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari sekolah. Hampir disetiap
sekolah mulai dari sekolah dasar sampai ke perguruan tinggi terdapat
perpustakaan sekolah. Bahkan unit – unit perpustakaan keliling dari departemen
pendidikan dan kebudayaan tersedia di kota – kota besar guna melayani
kebutuhan para pelajar.
Perpustakaan merupakan pusat sarana
akademis. Perpustakaan menyediakan bahan – bahan pustaka berupa barang cetakan
seperti buku, majalah, jurnal, peta surat kabar, karya – karya tulis berupa
monograf yang belum diterbitkan, serta
bahan – bahan non cetakan seperti micro fish, micro film, foto – foto, film,
kaset, audio/video, lagu – lagu dalam piringan hitam, rekaman pidato
(dokumenter) dan lain lain. Oleh karena itu Perpustakaan dapat digunakan dan
dimanfaatkan oleh pelajar, mhasiswa, dan masyarakat pada umumnya untuk
memperoleh informasi dalam berbagai bidang keilmuan baik untuk tujuan akademis
maupun untuk rekreasi.[5]
Perpustakaan merupakan salah satu
penunjang dalam meningkatkan sumber belajar yang sekaligus sebagai wadah dari
berbagai disipilin ilmu pengetahuan yang juga menunjang atau sebagai sarana
dalam mencerdaskan kehidupan bangsa khususnya dibidang pendidikan. Perpustakaan
adalah suatu unit kerja dari suatu badan atau lembaga tertentu yang mengelola
bahan-bahan pustaka, baik berupa buku-buku maupun bukan berupa buku yang diatur
secara sistematis menurut aturan tertentu sehingga dapat digunakan sebagai
sumber informasi oleh setiap pemakainya. Penyelenggaraan perpustakaan sebagai
sumber belajar merupakan suatu keharusan dan amat penting dalam pendidikan (UU
No. 2/1989, pasal 35). Suatu lembaga pendidikan tidak mungkin dapat
terselenggara dengan baik jika para guru dan para siswa tidak didukung oleh
sumber belajar yang diperlukan untuk penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar.
Smith dkk dalam buku ensiklopedianya
yang berjudul “EDUCATOR’S ENCYCLOPEDIA” menyatakan “School Library is a Center
for Learning”, yang artinya perpustakaan itu merupakan sumber belajar. Memang
ditinjau secara umum, perpustakaan itu sebagai pusat belajar sebab kegiatan
yang paling tampak pada setiap kunjungan siswa adalah belajar, baik belajar
masalah-masalah yang berhubungan langsung dengan mata pelajaran yang diberikan
di kelas, maupun buku-buku lain yang tidak ada hubungannya dengan mata
pelajaran. Akan tetapi apabila ditinjau dari sudut tujuan siswa mengunjungi
perpustakaan, maka ada yang tujuannya untuk belajar, ada yang tujuannya untuk
berlatih menelusuri buku-buku perpustakaan, ada yang tujuannya untuk memperoleh
informasi, bahkan mungkin ada juga murid yang mengunjungi perpustakaan dengan
tujuan hanya sekedar untuk mengisi waktu senggangnya atau sifatnya rekreatif.
Sejak ditemukannya mesin cetak untuk
mencetak buku dan sumber belajar tercetak lainnya, hingga sekarang media cetak
masih menduduki posisi kunci dalam menunjang proses belajar mengajar. Buku,
diktat, jurnal, surat kabar, modul dan cetakan-cetakan yang lain masih banyak
diandalkan untuk menunjang proses belajar manusia. Perpustakaan, sebagai lembaga
yang mengelola sumber informasi semestinya menduduki posisi kunci dalam proses
pendidikan dan pelatihan yang ada, baik di lingkungan persekolahan, luar
sekolah, dunia kerja, maupun masyarakat pada umumnya. Namun, kenyataannya masih
jauh dari harapan. Perpustakaan masih belum benar-benar memasyarakat. Hal ini
bisa terjadi, misalnya karena rendahnya minat baca dan kurangnya kesadaran
bahwa belajar harus mencari sendiri informasi. Seiring dengan perkembangan ilmu
dan teknologi, berkembang pula konsep perpustakaan. Perpustakaan perlu
menyesuaikan diri bukan hanya menangani koleksi sumber informasi dalam bentuk
media cetak tetapi harus membuka pintu untuk masuknya media audio visual dan
kemungkinan masuknya fungsi-fungsi yang lain .[6]
Perpustakaan merupakan salah satu
penunjang dalam meningkatkan sumber belajar yang sekaligus sebagai wadah dari
berbagai disipilin ilmu pengetahuan yang juga menunjang atau sebagai sarana
dalam mencerdaskan kehidupan bangsa khususnya dibidang pendidikan
BAB III
PENUTUP
Ø Kesimpulan
Dilihat dari kata dasarnya,
perpustakaan mengandung arti pustaka. Dalam kamus umum bahasa Indonesia,
pustaka artinya 1) kitab, buku, 2) kitab
primbon. Kemudian kata “pustaka” mendapat awalan per dan ahiran an, menjadi
perpustakaan. Dalam bahasa inggris, perpustakaan disebut library. Istilah ini
berasal dari kata latin, liber atau libri artinya buku. Dari kata
latin tersebut, terbentuklah istilah
libraries yang artinya tentang buku. Perpustakaan sendiri lebih cocok
didefinisikan sebuah ruangan yang berisi koleksi bahan bacaan dan sumber
informasi baik berupa buku maupun softwere yang dapat digunakan sewaktu –
waktu.
Secara umum peran perpustakaan
adalah sebagai berikut : Meningkatkan kecerdasan bangsa, Memajukan perkembangan
ilmu dan teknologi, Melestarikan budaya bangsa, Kancah studi (memiliki
pengetahuan), Kencah penelitian, Ajang konsultasi disiplin ilmu. Sedangkan beberapa fungsinya yaitu : berfungsi sebagai penyimpanan, Fungsi
pendidikan, Fungsi penelitian, Fungsi informasi, Fungsi cultural, Fungsi
rekreasi.
Perpustakaan sebagai sumber belajar merupakan
pusat sarana akademis. Perpustakaan menyediakan bahan – bahan pustaka berupa
barang cetakan seperti buku, majalah, jurnal, peta surat kabar, karya – karya
tulis berupa monograf yang belum
diterbitkan, serta bahan – bahan non cetakan seperti micro fish, micro film,
foto – foto, film, kaset, audio/video, lagu – lagu dalam piringan hitam,
rekaman pidato (dokumenter) dan lain lain.
DAFTAR PUSTAKA
Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja
Grafindo Persada.
Basuki, Sulistyo.1991.
Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta : Gramerdia Pustaka Utama.
Munadi,Yudhi. 2013. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta
: Referensi (Gp Press Group).
Musfiqon. 2012. Pengembangan
Media Dan Sumber Pembelajaran. Jakarta : PT Prestasi pustakarya.
http://ardiansyahbs.blogspot.com/2014/04/perpustakaan-sebagai-sumber-media.html, Senin, 10 Nopember 2014 jam 21.00 pm.
[1] Yudhi Munadi, Media
Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru, (Jakarta : Referensi (Gp Press Group),
2013),210
[2] Sulistyo Basuki, Pengantar Ilmu
Perpustakaan, (Jakarta: Gramerdia Pustaka Utama,1991).
[3] Yudhi Munadi, Media
Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru, (Jakarta : Referensi (Gp Press Group),
2013), 211.
[4] Dr. HM.
Musfiqon, M.Pd, Pengembangan Media Dan Sumber Pembelajaran, (Jakarta :PT
Prestasi pustakarya, 2012), 137.
[5] Prof. Dr.
Azhar Arsyad, M.A. , Media Pembelajaran, (Jakarta : PT Raja Grafindo
Persada, 2013),98.
[6] http://ardiansyahbs.blogspot.com/2014/04/perpustakaan-sebagai-sumber-media.html, Senin, 10 Nopember 2014 jam 21.00 pm.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar